Artikel Lain

Kamis, 05 April 2012

Makanan yang Baik dan Cocok untuk yang Sibuk Aktifitas



                Aktifitas yang terlalu banyak terkadang membuat orang lupa pada kondisi fisiknya. Tuntutan pekerjaan dan sekolah lah yang biasanya membuat pola hidup dan pola makan yang kurang teratur, sedangkan tubuh memerlukan asupan nutrisi yang baik bagi perkembanganya.
                Oleh karena itu makanan dengan kandungan nutris yang cukup bagi tubuh sangatlah penting. Namun kebanyakan orang lupa akan hal ini karena sibuk akan aktifitasnya, sehingga kebanyakan akan memilih makanan yang hanya mengenyangkan tanpa memikirkan kandungan nutrisinya. Berikut ini akan saya beberkan mengenai nutrisi yang harus dikonsumsi bagi orang dengan aktifitas yang banyak.

1.       Karbohidrat
                Hampir semua mahluk hidup sangat memerlukan karbohitrat, yaitu makanan yang terdiri dari oksigen(O2), hydrogen(H2), dan atom karbon(C). Karbonhidrat sangatlah penting karena merupakan sumber energy yang dapat memacu otak dan otot otot tubuh. Karbonhidrat dapat di peroleh dari makanan seperti nasi, kentang, dan roti.
2.       Lemak
                Konsumsi makanan yang juga mengandung lemak dan jangan kawatir akan gemuk karena lemak akan terbakar oleh tubuh ketika anda beraktifitas dan menjadi energy bagi tubuh anda dalam beraktifitas. Selain itu tubuh juga akan memeroleh lamak esensial yang bermanfaat bagi kulit, selain itu lemak juga dapat melarutkan vitamin A, D, E, K yang baik untuk mata dan peredaran darah.
3.       Protein
                Protein berfungsi sebagai sumber asam amino yang digunakan tubuh untuk membangun dan mengganti sel sel yang rusak. Protein dapat anda jumpai pada kacang kacangan, keju, dan daging.
4.       Kalsium
                Kalsium dapat dijumpai pada susu dan keju. Kalsium berfungsi memperkuat gigi dan tulang.
5.       Sodium
                Berfungsi menjaga keseimbangan zat cair dalam tubuh. Kekurangan sodium dapat menggangu kemampuan tubuh dalam memyerap air, oleh karena itu jangan pernah tinggalkan zat pada garam ini agar tubuh tidah mudah dehidrasi.
6.       Potassium dan Kalium
                Potassium dan kalium pertama kali ditemukan oleh Sir Humphrey Davy pada tahun 1807. Didalam tubuh potassium dan kalium berfungsi meningkatkan pertumbuhan sel dan otot, serta mengatur ekuilibrium air dan detak jantung. Anda dapat memperoleh zat ini pada pisan dan jeruk.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar