Artikel Lain

Kamis, 05 April 2012

Kaki Ayam Pengganti Sirip Hiu



                 Sudah tidak asing lagi akan manfaat dari sirip hiu. Didalam sirip hiu terdapat kartilago yang sangat berhasiat, dan tahu kah kalian bahwa didalam ceker ayam / kaki ayam juga terdapat kartilago yanng sama berhasiatnya dengan sirip hiu?
                Fungsi dari kartilago sendiri salah satunya yaitu sebagai obat kanker dan memperbaiki kekebalan tubuh. Kartilago atau tulang rawan sangat banyak terdapat pada sirip hiu begitu pula pada ceker ayam juga banyak mengandung kartilago atau tulang rawan untuk melapisi persendiaanya.
                American Cancer Society telah mengembangkan obat kangker dari sirip ikan hiu dan hasilnya sangatlah efektif. Namun bahan bakunya sendiri sangatlah sulit dieroleh karna apabila ikan hiu terus menerus diburu akan mengganggu biota laut bahkan efek panjangnya ikan hiu dapat punah.
                Oleh karena itu ceker ayam merupakan pengganti alternative dari sirip hiu karna ceker ayam juga banyak mengandung tulan rawan. Selain itu ceker ayam lebih mudah didapat karna unggas ini telah dibudidayakan sehingga kemungkinan untuk punah sangat kecil meskipun dikonsumsi terus menerus.
                Selain itu kandungan dari ceker ayam yang sama dengan sirip hiu yaitu glukosamin dan kondrotin, 2 senyawa ini berhasiat sebagai anti radang alami. Sebuah penelitian membuktikan bahwa kedua senyawa tersebut dapat meringankan osteoarthritis. Selain itu ceker ayam juga mengandung kolagen yang cukup banyak dibandingkan sirip hiu. Kolagen merupakan sejenis protein dan banyak digunakan dalam produk kecantikan. Kolagen pada ceker ayam banyak terdapat pada tulang, persendian, dan bagian kulit yang keras.
                Protein pada ceker ayam ini diyakini dapat merawat kulit karena dapat mengurangi efek penuaan termasuk kulit kusam dan keriput, kolagen juga baik untuk rambut dan kuku, sehingga cocok bagi yang ingin memiliki fisik yang cantik.
                Walau demikian ceker ayam sangat sedikit mengandung daging atau otot yang merupakan sumber protein utama. Untuk itu imbangi makan ceker ayam dengan memakan dagingnya teruta bagian dada yang sedikit mengandung lemak dan banyak mengandung protein.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar