Artikel Lain

Jumat, 27 April 2012

Macam Macam Ramuan Masuk Angin pada Anak


                Tak di pungkiri lagi, siapasih orang tua yang tidak cemas jika buah hati tercintanya sakit. Dan kebanyakan kasus, anak kecil sering terkena sakit masuk angin dan membuat kita sebagai orang tua cemas apalagi bila sakit itu juga disertai mual dan muntah yang berakibat anak kurang nafsu makan, sehingga membuat anak tidak lekas sembuh.
                Sebagai orang tua pastilah hal pertama yanng dilakukan yaitu membawa anak kerumah sakit atau memberinya obat kimia yang mahal dan terkadang menimbulkan efek samping, cobalah mengatasi dengan odat tradisional selain lebih murah dan alami tentunya juga tidak menimbulkan efek samping untuk tubuh.

                Tradisi meracik ramuan tradisional atau tanaman obat sekarang ini sudah ditinggalkan orang. Bahkan kebanyakan orang sudah  tidak tahu lagi mengenai kegunaan tanaman tersebut untuk pengobatan, dan sebagian orang juga berpendapat bahwa ramuan tradisional itu kuno, repot, pahit, dan bau, serta tidak menjur.
                Tetapi perlu diketahui bahwa ramuan tradisional cukup manjur untuk mengobati penyakit pada anak, terutama penyakit ringan seperti pilek, panas, diare, bahkan masuk angin dan hal ini sudah dibuktikan oleh pendahulu pendahulu kita. Dengan kita menggunakan ramuan tradisionl kita juga telah melestarikan budaya nenek moyang kita agar tidak punah dan hilang karna jaman.
                Berikut beberapa ramuan tradisional apabila buah hati kita sakit, yang dapat diramu kapanpun kita membutuhkanya. Dengan catatan apabila dalam 3 hari tidak ada gejala membaik, anak tetap harus dibawa ke dokter.

Sariawan
Bahan: 1 jari rimpang temulawak, 1 jari asam, gula aren, dan segelas air.
Pemakaian: cuci bersih temulawak lalu iris tipis tipis. Kemudian masak bersama dengan asam dan air hingga mendidih. Setelah dingin, saring dan tambahkan gula aren sambil diaduk. Minum tiap pagi dan sore, masing masing ½ gelas.
Bahan: 10 helai daun sirih dan segelas air putih.
Pemakaian: cuci bersih daun sirih, lalu masak dalam kuali tertutup hingga mendidih. Setelah dingin, saring. Gunakan untuk kumur setiap harinya sebelum makan hingga sembuh.

Kembung dan Mulas
Bahan: 5 helai daun delima putih dan ½ gelas air.
Pemakaian: cuci daun delima putih sambil diremas remas. Tambahkan air dan masak hingga mendidih. Setelah dingin, saring dan minum airnya 3 kali sehari.
Bahan: ½ jari rimpang temulawak, ½ jempol buah asam jawa, ½ jempol gula aren, ½ gelas air.
Pemakaian: cuci temulawak, lalu parut. Tambahkan asam jawa dan air, kemudian peras. Tambahkan gula aren dan aduk hingga rata. Minum tiap pagi dan sore hingga sembuh.

Cacingan
Bahan: 3 jari rimpang jahe, 1 sendak makan madu, 1½ gelas air.
Pemakaian: cuci jahe lalu potong tipis tipis. Rebus hingga mendidih, setelah dingin saring. Kemudian tambahkan madu, aduk hingga rata. Minum 3 kali sehari sebanyak ½ gelas sekali minum.
Bahan: 2 sendok biji papaya, 1 sendok makan madu, 1 gelas air matang
Pemakaian: cuci bersih biji papaya, lumat dengan air panas lalu peras. Tambahkan madu. Minum sekaligus. Lakukan hingga sembuh.

Sembelit
Bahan: 20 gram daun lidah buaya, 2 sendok makan madu.
Pemakaian: kupas daun lidah buaya lalu potong kecil kecil dan tambahkan madu kemudian aduk merata. Minum tiap pagi dan sore hingga sembelit hilang.
Bahan: 1 jari rimpang temulawak, ½ gelas air.
Pemakaian: cuci rimpang temulawak, potong tipis tipis. Masak hingga mendidih. Setelah dingin, saring dan airnya diminum sekaligus. lakukan hingga sembuh.

Diare dan Muntah
Bahan: 3 sendok teh adas, 5 lembar daun jambu biji, 10 cm kulit batang pala sari.
Pemakaian: cuci bersih adas dan daun jambu biji. Adas dimemarkan dan daun jambu biji di potong kecil kecil. Tambahkan 1½ gelas air dan batang pala sari, masak hingga mendidih selama 30 menit. Setelah dingin, saring minum airnya tiap pagi dan sore sebanyang ½ gelas
Bahan: 20 helai daun salam, 1 gelas air
Pemakaian: cuci bersih daun salam, lalu haluskan. Dan masak hingga mendidih selama 30 menit. Setelah dingin, saring dan minum airnya tiap pagi dan sore sebanyak ½ gelas. Lakukan hingga sembuh.

Kurang Nafsu Makan
Bahan: 10 lembar daun pegagan, 1½ gelas air, 1 sendok makan madu.
Pemakaian: cuci bersih daun pegagan, lalu rebus hingga mendidih selama 15 menit dalam keadaan tertutup. Setelah dingin, saring dan tambahkan madu. Minum 3 kali sehari sebanyak ½ gelas.
Bahan: 1 jari rimpang temulawak, 10 gram asam jawa, 30 gram gula jawa, 1½ gelas air.
Pemakaian: cuci bersih temulawak, lalu potong kecil kecil. Masukkan gula jawa, masak hingga mendidih dalam keadaan tertutup. Tambahkan gula dan aduk hingga rata. Minum 3 kali sehari sebanyak ½ gelas.

1 komentar: