Artikel Lain

Selasa, 27 Maret 2012

Kapal Selam Pertama Dipragakan


                Pada 17 maret 1998, john Philip Holland memperagakan kapal selam pertama dilepas pantai pulau staten, New York, AS, selama 100 menit. Kapal selam yang dinamai “Holland” tersebut memang bukan kapal di bawah air pertama, tetapi pertama yang dapat dipergunakan.
                Penemu klahiran Irlandia ini bermigrasi ke AS pada 1873. Ia sempat berkerja di perusahaan teknik sebelum menekuni pekerjaan sebagai guru di New Jersey. Pada tahun 1875, holland mengajukan rancangan kapal selam kepada angkatan laut AS, tetapi ditolak karena tidak dapat berfungsi. Holland tak berputus asa dan terus melakukan penelitian dan pengembangan.
                Kesuksesan Holland membuat pemerintah AS memesan 6 buah kapal sejenis. Belakangan, pesanan datang dari Inggris, Jepang, dan Rusia. Holland terus merancang kapal- kapal selam baru, termasuk protipe Holland II dan Holland III. Salah satu penemuanan terahrinya adalah alat bantu yang memungkinkan pelaut menyelamatkan diri dari kapal selam yang rusak. Berkat jasanya “holland” disebut  “bapak kapal selam”.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar