Artikel Lain

Jumat, 27 April 2012

Cara Pembuatan Deterjan Powder


            Deterjen jenisnya bermacam macam berdasarkann cara atau prosesnya dan seperti pencucian dengan mesin dan pencucian dengan tangan. Berdasarkan bentuk fisiknya, detrjen ada beberapa jenis yaitu: deterjen pasta, deterjen powder/ serbuk, dterjen liquid.
            Kemudian deterjen powder sendiri terdapat dua jenis yaitu deterjen powder yang berongga dan deterjen powder yang tak berongga/ masif. Pada deterjen powder yang berongga biasanya dibuat dengan suatu alat yang sangat canggih, oleh karna itu deterjen ini biasanya hanya dibuat dalam jumlah yang banyak oleh suatu industry. Prinsip pembuatanya deterjen yang masih dalam bentuk cair akan dimasukan kedalam suatu mesin yang kemudian akan di semprotkat dalam suatu ruangan dengan suhu dan tekanan tertentu sehingga diperoleh butiran butiran padat yang berongga.
Karna sistem pembuatan dengan cara semprot selain di peroleh butiran yang berongga juga diperoleh hasil yang tampak lebih banyak dengan tampilan yang lebih bagus pula.
            Bahan utama pembuatan deterjen powder adalah surface active agent (surfaktan anionik). Kelebihan yang dimiliki deterjenn powder sendiri di banding dengan deterjen yang lain yaitu mudah larut dalam air sehingga memudahkan dalam penggunaanya dan cukup dengan perendaman saja noda/ kotoran pada pakainan mudah terangkat.
            Berikut saya akan menjelaskan cara pembuatan deterjen powder masif beserta alat dan bahan yang di perlukan, semoga bermanfaat!.....
Alat yang digunnakkan:
1.      Beaker Glass/ baskom
2.      Gelas ukur
3.      Pengaduk
4.      Timbangan buah
5.      Mortal
Bahan yang dibutuhkan:
1.      NP                    : 20%
2.      Emal                : 2%
3.      Na2CO3                        : 6%
4.      STPP                : 3%
5.      Na2SO4             : 68.8%
6.      Parfum                        : 0.2%
Prosedur kerja:
1.      Hitung kebutuhan bahan dan timbang sesuai basis.
2.      Pertama-tama campurkan Emal dengan STPP sambil diaduk hingga tercampur rata (camuran 1).
3.      Kemudian pada tempat lain campurkan Na2CO3 (Soda Ash) dan parfum sedikit demi sedikit sambil diaduk, kemudian tambahkan pada campuran 1.
4.      Setelah semua tercampur rata tambahkan Na2SO4 dan NP lalu aduk hingga benar benar rata, keringkan (bila perlu haluskan dengan cara menumbuknya).
5.      Kemas deterjen powder pada wadah plastic dan jauhkan dari tempat yang lembap dan terlalu kering.

            Adapun bahan bahan pembuatanya dapat anda peroleh di toko bahan kimia, Semoga bermanfaat…………………

1 komentar: