Artikel Lain

Sabtu, 31 Maret 2012

Trans Fat si Penyedap yang Membawa Biang Penyakit



                istilah trans fat akhir - akhir ini sangatlah populer. Lemak yang satu ini diketahui dapat membuat masakan jadi enak dan gurih selain itu juga dapat berfungsi sebagai pengawet. Tapi tahukah sob?, bawa dibalik peranya yang dapat membuat lezat suatu masakan trans fat juga sangat berbahaya bagi jantung kita.
                Perlu diketahui bahwa trans fat dapat meningkatkan kadar kolestrol jahat dalam tubuh seperti saturated fat atau lemak jenuh yang tidak baik untuk jantung. Selain itu juga dapat meningkatkan inflamasi dan menurunkan kadar kolestrol baik.
                Inilah dibalik kelezatanya, secara tidak sadar dan tak kita rasakan, kita telah memasukan penyakit kedalam tubuh kita setiap harinya. Namun trans fat telah menjadi makanan populer dan di konsumsi setiap harinya. Hal ini dikarenakan banyaknya oknum penjual makanan yang menggunakan trans fat hanya untuh mendapatkan sejumlah uang tanpa memikirkan dampaknya bagi tubuh konsumen.
                 Karna itu jadilah konsumen yang cerdas dalam memilih makanan yang sehat bagi tubuh kita. Sebaiknya kenali makanan berikut yang jadi biang trans fat:
French fries
                Beberapa brand fast food ternama begitu mengetahui akan bahaya trans fat mereka dengnan sendirinya mengurangi penggunaan trans fat dalam menu kentang gorengnya, namun masih juga ditemukan beberapa restoran French fries (kentang goreng) yang menggunakan tans fat dalam menunya.
Margarine
                Margarine merupakan solusi pengganti mentega, karena margarine tidak dibuat dari susu melainkan dari minyak sayur. Namun untuk membuat margarine yang padat, banyak produsen margarine yang menggunakan hydrogenated oil yang memiliki kadar tans fat yang tinggi.
Ice Cream
                Beberapa produsen Ice Cream ternama mengunakan trans fat sebanyak 0.5gr per saji untuk beberapa varian, seperti rasa nanas, green tea, kelapa, cherry vanilla, caramel cone, bahkan rasa vanilla sekalipun.
Crispy Fried Chiken
                Sama halnya dengan French fries, fried chiken juga mengandung trans fat yang berbahaya. Karena ada beberapa produsen yang menggunakan hydrogenated oil untuk mengolah fried chiken.
Nondairy creamers
                Bagi penikmat kopi, nondairy creamers merupakan salah satu pilihan dalam menikmati kopi. Namun berhati hatilah dalam memilih nondairy creamer, dengan mengecek lebel yang tertera dalam kemasan apakah mengandung trans fat tidaknya. Sebap terdapat beberapa nondairy creamer yang menggunakan hydrogenated oil.
Popcorn
                Popcorn merupakan makanan ringan yang sehat. Namun popcorn yang menggunakan perasa tambahan seperti rasa asin mentega mengandung 0.5gr trans fat dan untuk rasa caramel 1.5gr trans fat dalam sekali penyajainnya.

                Bersikap bijaklah dalam memilih makanan, bersikap terlalu fanatic pada beberapa makanan tidak baik bagi kita. Namun bersikap cerdaslah dalam memilih makanan yang lezat dan menyehatkan!!!.................

Tidak ada komentar:

Posting Komentar