Artikel Lain

Rabu, 28 Maret 2012

KAPAN ESKALATOR DIPATENKAN





                Tanggal 15 meret 1892, penemu dan insinyur jesse wilford reno dari New York, AS mematenkan produk semacam escalator yang disebutnya sebagai “incilend elevator”. Namun, reno bukanlah orang pertama yang mematenkan produk semacam ini, melainkan Nathan Ames dari Saugus, Massachusetts pada tahun 1859. Sayangnya, rancangan ames tidak pernah dibuat.
                Sama halnya dengan rancangan  Reng yang diwujudkan di Old Iron Pier, Coney Island, New York, berupa sabuk berjalan yang dapat memindahkan orang pada kemiringan 25 drajat. Rancangan ini berbeda dengan rancangan Ames, berupa anak anak tangga yang dipasang pada sabuk atau rantai.
                Escalator seperti yang dikenal kemudian adalah hasil karya Charles D Seeberger pada 1897. Ia juga menggunakan nama “escalaotor”, diambil dari kata latin scala yang berarti “langkah” dan elevator. Seeberger dan Otis kemudian merancang escalator public pertama yang digunakan di Paris Exhibition tahun 1900 dan memenangkan hadiah pertama. Seeberger kemudian menjual hak patennya kepda Otis pada tahun 1910.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar